19th century notre dame de paris

Keindahan yang abadi

 

Kabar duka datang dari Prancis. Salah satu bangunan bersejarah yang indah dan jadi ikon dari negara ini, Notre Dame, terbakar pada Senin (15/4) waktu setempat.

Notre Dame nggak cuma jadi wajah dari Prancis tapi banyak sejarah di dalamnya yang terukir. Hal ini yang menyebabkan banyak orang sedih akan peristiwa terbakarnya gedung katedral ini.

Dalam rangka mengenang megahnya Notre Dame, Provoke! mau ngasih lihat foto-foto awal gedung ini berdiri. Simak ya!

19th century notre dame de paris 1

19th century notre dame de paris 2

19th century notre dame de paris 3

Katedral sudah berdiri sekitar 850 tahun lalu. Pembangunan gereja ini sudah dimulai sejak 1163 yakni pada pemerintahan Raja Louis VII dan batu pertama diletakkan di hadapan Paus Alexander III. Bangunan ini selesai pada 1345. Menurut The Guardian, Raja Louis VII ingin menjadikan bangunan itu menjadi 'simbol kekuatan politik, ekonomi, intelektual, dan budaya Paris di dalam dan luar negeri."

19th century notre dame de paris 4

19th century notre dame de paris 5

19th century notre dame de paris 6

Tujuan cukup ambisius. Gereja katedral ini buat harus lebih tinggi daripada bangunan sekitarnya. Bagian Nave dinaikan 108 kaki dan dua menaranya setinggi 223 kaki sehingga Notre Dam terlihat dari kejauhan.

19th century notre dame de paris 7

19th century notre dame de paris 8

19th century notre dame de paris 9

19th century notre dame de paris 10

Bangunan ini telah rusak selama Revolusi Prancis. Tetapi pada tahun 1844, arsitek Jean-Baptiste-Antoine Lassus dan Eugène-Emmanuel Viollet-le-Duc bekerja untuk mengembalikan kejayaan dari gedung ini.

19th century notre dame de paris 11

19th century notre dame de paris 12

19th century notre dame de paris 13

19th century notre dame de paris 14

19th century notre dame de paris 15

Bagian dalam dari Katedral Notre Dame rancangan sejak abad ke-17 dan masih berfungsi dengan baik (sampai sebelum terjadinya kebakaran). Sedangkan bagian luar, gambar, rencana, dan ukiran menunjukan 'misteri lama dan tersembunyi dari beberapa perkembangan gereja dan bagaimana kota Paris terbentuk'.

19th century notre dame de paris 16

19th century notre dame de paris 17

19th century notre dame de paris 18

19th century notre dame de paris 19

19th century notre dame de paris 20

Menurut CBS, katedral ini menyimpan mahkota duri yang diyakini digunakan di kepala Yesus Kristus saat penyaliban. Menurut situsnya, mahkota tersebut telah dipetik dan diberikan sebagai hadiah kepada para donor dan tokoh agama penting sepanjang sejarah.

19th century notre dame de paris 21

 

 

Foto: Vintage Everyday dan Travel + Leisure

Komentar