think before posting 1Hati-hati yaaa

Waktu kita banyak dihabiskan di media sosial. Begitu banyak dari kita yang nggak bisa membayangkan hari kita tanpa setidaknya melihat orang-orang di Twitter atau Facebook feed, menelusuri melalui dashboard Tumblr atau menatap foto-foto penuh warna di Instagram. Dan sementara untuk sebagian besar, posting di media sosial cuma bagian yang sangat kecil dari kehidupan. Kadang-kadang posting di tempat yang salah dan waktu yang salah dapat memulai efek domino mengerikan yang dapat menggulingkan seluruh kehidupan seseorang.

Sayangnya bagi orang-orang di bawah ini, entah kata-kata kasar tentang pekerjaan mereka, lelucon yang salah tempat atau foto yang nggak menyenangkan langsung bikin drop karena kehilangan pekerjaan. Ikutin ceritanya.

#1 Nicole Crowther, pemain ekstra di serial Glee dipecat gara-gara spoilerthink before posting 1

Nicole Crowther adalah pemain ekstra di serial Glee yang viral karena mem-posting spoiler acara di Twitter. Hal ini mendorong Brad Falchuk, salah satu produser dan founder acara untuk men-tweet, "Who are you to spoil something talented people have spent months to create? Hope you’re qualified to do something besides work in entertainment.” Nicole kemudian mengakui bahwa tweet itu pada dasarnya menghancurkan hidupnya karena ia masuk dalam black list di dunia ekstras, jadi alih-alih mengejar impian aktingnya, ia bekerja di tempat lain.

#2 Rochelle Robinson dipecat karena postingan rasis di Facebook

think before posting 2

Pada 2015, karyawan Brookfield Zoo, Rochelle Robinson memutuskan untuk mengeluh di media sosial karena diabaikan oleh pengunjung di kebun binatang. Ia menulis "rude as* white people". Robinson menerima banyak keluhan dan komentar tentang postingan-nya yang semuanya menghasilkan gelombang perhatian negatif. Perwakilan Brookfield Zoo mengeluarkan pernyataan di halaman Facebook mereka yang mengatakan ini: "Kemarin, kami menyadari tindakan seorang karyawan kami. Dan disepakati tidak dapat diterima. Pernyataan karyawan kami di media sosial melanggar kebijakan kami dan tidak mencerminkan kebijakan nilai-nilai institusi. Kami tidak memiliki toleransi terhadap perilaku memecah belah semacam ini. Kami memperlakukan semua masalah ketenagakerjaan secara rahasia tetapi ketahuilah bahwa kami mengambil tindakan cepat untuk memperbaiki situasi pagi ini." Mereka juga kemudian mengonfirmasi bahwa Rochelle bukan lagi seorang karyawan di kebun binatang mereka.

#3 Rashard Mendenhall kehilangan segalanya karena Tweet-nya tentang kematian Osama Bin Laden

think before posting 3

Pada 2 Mei 2011, salah satu reaksi Amerika terhadap kematian Osama bin Laden adalah seorang mantan NFL, Rashard Mendenhall. Ia mem-posting pemikirannya di Twitter. Kritiknya pada perayaan kematian Osama Bin Laden langsung menghasilkan reaksi. Segera setelah itu Mendenhall kehilangan seluruh endorsment dan jual belinya dari Pittsburgh Steelers ke Cardinals. Pada 2014 ia pensiun dari karier profesionalnya.

#4 IAC Executive dipecat dari pekerjaannya dan dipermalukan di media sosial karena postingan sindirannya

think before posting 4

Saat dalam penerbangan dari New York ke Cape Town pada bulan Desember 2013, Justine Sacco posting beberapa tweet kepada 170 pengikut Twitter-nya. Ia menulis "Going to Africa. Hope I don't get AIDS. Just Kidding. I'm white!" yang diklaim Sacco sebagai sindiran yang dimaksudkan untuk mengejek ketidaktahuan Amerika akan Afrika Selatan, karena dia sendiri adalah orang Afrika Selatan. Terlepas dari komentarnya, orang-orang di internet nggak senang dengan postingannya dan memulai tagar #HasJustineLandedYet, ia langsung kehilangan pekerjaannya. Kasus Sacco menjadi salah satu contoh paling menonjol tentang bagaimana kampanye main hakim sendiri mempermalukan masyarakat dapat memengaruhi dan bahkan menghancurkan kehidupan dan karier seseorang.

#5 Apple secara legal memecat seorang karyawan setelah ia memposting banyak kata-kata kasar tentang produk Apple di halaman Facebook-nya

think before posting 5

Pada tahun 2011, seorang karyawan Apple memutuskan untuk memposting semua masalah yang ia alami dengan perusahaan di laman Facebook-nya. Sayangnya, salah satu teman Crisp di medsos juga seorang karyawan Apple ngadu ke manajer. Singkat cerita, Apple memutuskan kontrak dengan Samuel Crisp. Tapi Samuel nggak mau menyerah dan membawa kasus ini ke pengadilan ketenagakerjaan di Bury St Edmunds. Sayang, pengadilan setuju dengan Apple dan menolak keluhan Crisp, menyatakan bahwa Apple bertindak dalam haknya untuk memecat karyawan mereka dengan alasan melanggar kebijakan perilaku bisnis.

#6 Gilbert Gottfried bikin bercandaan di Twitter dari bencana gempa bumi Jepang dan menghancurkan karirnya

think before posting 6

Pada tahun 2011 komedian Gilbert Gottfried memiliki sejarah posting lelucon kontroversial di Twitter. Ketika ia mem-posting tweet yang agak nggak sensitif di halamannya. Lelucon itu merujuk bencana gempa bumi di Jepang yang merenggut lebih dari 15.000 jiwa dan mengakibatkan kerusakan $ 360 miliar. Dia dengan cepat diberhentikan dari voicing Aflac duck mascot. 75% Aflac melakukan bisnisnya di Jepang.

#7 Alicia Ann Lynch dipecat dan menerima ancaman kematian setelah posting foto dirinya dengan kostum korban Boston Marathon

think before posting 7

Pada 2013, Alicia Ann Lynch nggak tau bahwa hidupnya akan menjadi mimpi buruk setelah dia memposting foto kostum Halloween-nya di Twitter. Sayangnya, dia memutuskan untuk berpakaian sebagai korban pemboman Boston Marathon dan netizen menyadarinya. Mereka marah bahkan mengirimkan ancaman kematian untuk Lynch, pesan-pesan keji dan beberapa bahkan melangkah lebih jauh untuk menggali foto-foto provokatif lamanya, terlepas dari permintaan maaf Alicia dan upaya untuk menghapus postingan tersebut. Akun Twitter-nya di suspend sementara dan begitu dia mendapatkan akses lagi, Tweet pertamanya adalah "I have been fired from my job. I am paying for what I thought was a simple joke. I know it was wrong now. I wasn't thinking".

#8 Seorang security disebuah RS dipecat karena postingan kentut di Instagram

think before posting 8

Tahun lalu, seorang penjaga keamanan Florida yang dikenal sebagai Doug memfilmkan dirinya kentut lebih dari 75 kali saat bekerja dan memposting beberapa rekaman ke akun Instagram-nya "Paul Flart". Sayangnya, Doug dipecat karena ia telah melanggar kebijakan perusahaan yang melarang penggunaan telepon selama pekerjaan dan dengan memfilmkan dirinya mengenakan seragam penjaga keamanannya di lahan rumah sakit. Meskipun sementara karir penjaga keamanannya sudah berakhir, Doug nggak menyerah dan memulai penggalangan dana.

Makanya, nggak semua hal bisa diposting di media sosial ya. Selalu bijak pake media sosial, karena medsos bisa ngasih kebaikan tapi juga bisa jadi bumerang ke diri sendiri.

Komentar