teapot

Yook, cobain biar nggak penasaran.

Nggak cuma buat memikirkan soal masalah hidup, kerjaan dari bos, atau tugas dari guru, otak kita juga butuh buat mikirin hal yang menyenangkan. Nah, hal yang menyenangkan itu bisa berupa braintease kayak yang udah P! siapkan kali ini. Lo harus bisa berpikir kreatif, imajinatif, tapi tetep logis buat menjawab tebakan kali ini. Bukannya mau meremehkan lo tapi nyatanya emang nggak semua orang bisa menjawab brainteaser ini dengan benar. Banyak yang terkecoh. Cuma 5 persen aja yang bisa ngasih jawaban benar.

Petunjukkan buat menyelesaikan brainteaser ini nggak rumit kok. Lo akan dikasih gambar teko A dan teko B. Keduanya punya bentuk dan ukuran yang beda. Kalo si teko A bisa menampung 32 cangkir teh, maka berapa kapasitas teko B? Jangan buru-buru dijawab, coba lihat sekali lagi nih gambarnya.

teapot

Via wake up your mind

Secara bentuk sih teko B terlihat lebih tinggi. Apakah itu artinya teko B bisa menampung lebih banyak teh? Coba dipikirkan dulu. Kalo udah menghitung dengan seksama dan yakin sama jawaban lo, silahkan lanjut scroll ke bawah. Udah ada jawaban dan penjelasan yang P! siapkan buat lo.

.
.
.
.
.
Jawabannya adalah 16 cangkir teh atau setengah dari kapasitas teko A. Penjelasannya adalah coba lihat lagi dua gambar teko di atas. Kapasitasnya akan sangat ditentukan oleh posisi corongnya. Teh baka tumpah kalo diisi lebih dari tinggi corongnya. Kalo dilihat secara visual dan dihitung dengan logika maka kapasitas teko B nggak bisa lebih banyak dari teko A. Lihat aja tuh corongnya di bawah banget. Kalo ditarik garis maka hasilnya bakal kayak begini nih.

teapot

Via wake up your mind

Udah paham kan sekarang? Nggak ada yang penasaran lagi kan? Oyah, adakah yang jawabannya benar? Coba pamerkan kepandaian lo di kolom komentar.

Komentar