talking to yourself

Jangan takut ngobrol sama diri sendiri.

Selama ini banyak yang berpendapat bahwa orang yang lagi ngomong atau ngobrol sendiri tuh aneh. Bahkan sampai ada yang menganggapnya gila atau kesurupan. Laaah, enggak gitu juga kali. Itu pemikiran yang sama sekali nggak bener. Faktanya orang yang suka ngobrol sama diri sendiri tuh malah lebih cerdas loh. Nggak percaya? Udah ada penelitiannya.

ngomong sama diri sendiri

Via Rich Cavaness

Dua psikolog, Daniel Swigley dan Gary Lupyan menemukan bawah ngomong sama diri lo sendiri adalah hal yang menguntungkan. Saat lo ngomong sama diri sendiri tanpa sadar lo sedang membantu otak lo agar pemikiran lo lebih teratur. Selain itu, di momen lo mendengarkan masalah lo sendiri sebenernya syaraf lo jadi lebih tenang alias nggak tegang. Lo jadi lebih tenang dalam memikirkan masalah dan nyari solusinya.

ngomong sama diri sendiri

Via psychologytoday.com

Menurut seorang psikolog lain bernama Linda Sapadin, bicara sama diri sendiri bisa membantu lo untuk menentukan keputusan yang sulit. Lo jadi bisa lebih jelas dalam mengklarifikasi mana yang lebih penting.

Nggak cuma itu aja lo, bicara sama diri sendiri juga bisa bikin lo lebih mudah mencapai tujuan. Lo jadi nggak begitu ngerasa berat saat harus menghadapi banyak rintangan. Jadi mulai sekarang jangan takut dianggap aneh hanya karena lo ngomong sendiri sama diri lo.

Foto Header: Rewire Me

Komentar