0 former liverpool and england captain steven gerrard retires from football 5353wef

Masih merinding...

Legenda Liverpool Steven Gerrard mengingat kembali 'malam terbaik dalam kariernya' menjelang momen kembalinya The Reds ke Istanbul (pertandingan Piala Super Eropa). Sedikit kilas balik, Gerrard menjadi kapten Liverpool untuk menjuarai Liga Champions pada 2005 di stadion Ataturk, tempat yang sama di mana Liverpool menang (lagi) secara dramatis melalui adu penalti saat melawan Chelsea untuk final UEFA Super Cup pada hari Kamis (15/8) dini hari WIB.

Jadi, Istanbul jelas menyimpan banyak kenangan berharga bagi para penggemar The Reds, yang akan mengingat Gerrard memimpin timnya untuk bangkit dari ketinggalan 0-3 melawan AC Milan di babak pertama, sampai akhirnya secara ajaib Liverpool memenangkan trofi Liga Champions kelima.

0 clp lec 090515gerrard 34jpg 45t4456

Dalam wawancara pasca-pertandingan di tahun 2015 setelah Liverpool menang melawan QPR, Gerrard ditanya seorang reporter, apakah ia pernah mencetak gol sundulan yang lebih baik? Gelandang itu kemudian mengatakan bahwa ia punya satu gol sundulan di final Liga Champions, yang memicu comeback luar biasa. Reporter itu mengakui bahwa dia sudah lupa itu. Tapi Gerrard dengan santai menjawab "Aku belum (lupa)."

"Masih sampai hari ini, bulu-bulu di leherku berdiri setiap mengingatnya. Itu adalah malam terbaik dalam hidupku. Ini adalah puncak dari setiap pemain, ini adalah piala terbaik untuk dimenangkan," kata Gerrard, berbicara empat tahun lalu ketika dia mendekati pertandingan terakhirnya bersama Liverpool.

0 clp lec 200515istanbulfinal 23jpg 4535363

"Cara kami membahasnya dan bagaimana malam itu berjalan, aku pikir itu akan tercatat dalam sejarah sebagai final Liga Champions terbaik yang pernah ada. Sebagai kapten tim, tidak ada orang yang lebih bangga di planet ini pada malam itu. Dengan jarak satu mil, itu adalah malam terbaik dalam karir saya. Itu adalah malam yang seperti tidak nyata dan pertandingan sepak bola yang ajaib dan sampai sekarang masih sulit untuk menggambarkan apa yang terjadi malam itu."

"Tapi, pertandingan final itu juga menggambarkan seluruh perjalanan pada musim itu di Liga Champions, ada begitu banyak pasang surut tetapi kami berhasil melewati batas, kami tidak melakukannya dengan cara yang mudah. Jika kamu mengatakan kepadaku bahwa pada usia 18 tahun aku akan memenangkan Liga Champions pada usia 25 tahun dan 10 tahun kemudian aku akan melakukan wawancara tentang rasanya menjadi pemenang Liga Champions, aku akan mengatakan 'itu momen yang sangat bagus.' Melihat ke belakang, itu adalah kenangan yang fantastis secara pribadi dan semua orang terhubung dengan klub."

0 liverpools gerrard scores against olympiakos in their champions league match in liverpool 363223gsdf23

Liverpool berhasil menembus babak penyisihan grup berkat gol telat Gerrard ke gawang Olympiakos, yang dianggapnya sebagai gol terpenting untuk mencapai tujuan. Jadi, tidak mengherankan kalau Milan adalah tim yang diunggulkan bisa menang di final karena Liverpool begitu susah payah untuk mencapai semuanya.

Hanya saja, nyanyian 'You'll Never Walk Alone' yang cukup bersemangat dari para suporter, saat Liverpool tertinggal dari Milan, cukup untuk didengar para pemain di Stadion Ataturk. Itu adalah panggilan untuk mempersenjatai diri, lagu untuk melawan tantangan, lagu tentang keyakinan dan harapan.

0 rafa benitez with captain steven gerrard after winning the champions league after beating ac milan 4t35aasa i

Para pemain, dengan Gerrard yang berada di garis depan, mendengar pesan itu sampai akhirnya mereka memenangkan pertandingan lewat adu penalti yang dramatis.

Yang sangat penting dari perubahan drastis ini adalah pergantian taktik oleh manajer Rafael Benitez, yang membawa pemain tengah Dietmar Hamann untuk kembali mengontrol lini tengah dan juga membebaskan Gerrard untuk maju. "Itu adalah malam terbesar dalam karier saya karena itu adalah hadiah terbesar dalam sepakbola klub," kata pemain asal Jerman itu. "Cara kami memenangkannya, bagi orang asing sepertiku untuk memenangkannya bersama Liverpool, untuk kelima kalinya setelah 21 tahun dan melihat semua wajah bahagia ketika kami pulang, adalah malam yang istimewa."

0 rangers v hibernian ladbrokes scottish premiership 54y46

Mantan pemain belakang Liverpool, Jamie Carragher, setuju sepenuhnya. "Itu adalah pertandingan ikonik tidak hanya untuk Liverpool tetapi untuk sepakbola secara umum," katanya. "Banyak orang yang akan meningat momen kemenangan itu. Aku sangat beruntung bisa terlibat dan sangat bangga. Itu seperti film. Begitu final usai, aku yakin ada orang yang berpikir untuk membuat perjalanan kami ke dalam buku dan film."

photo via Mirror

Komentar