marouane fellaini wfw31040181400

Nyesel kan?

Banyak klub yang panik menjelang penutupan bursa transfer. Saking paniknya, beberapa tim membiarkan pemain buruk masuk dan menyesali keputusannya di kemudian hari. Seperti sederet kasus yang terjadi dan melibatkan nama-nama berikut ini.

Stephane Dalmat ke Tottenham (2003)

e119f34095c899903f1eaff7b4b5c15b

Glenn Hoddle membawa Dalmat ke Tottenham dari Inter Milan dengan status sebagai pemain pinjaman. Saat itu, kepindahan Dalmat direncanakan untuk menambah daya gedor lini serang yang sangat dibutuhkan bagi Spurs yang sudah menua dan buruk.

Sayangnya, pemain Timnas Prancis yang kerap dilanda cedera itu lebih kerap menjadi pengacau, meski beberapa kali tampil mengesankan. Puncaknya adalah saat Dalmat berkelahi dengan gelandang Jamie O’Hara saat latihan. Peristiwa ini menyebabkan masa peminjaman Dalmat diputus dua bulan lebih awal.

Park Chu-young ke Arsenal (2011)

125686774asada crop north

Park berada di ambang penandatanganan kontrak untuk Lille dari Monaco pada Agustus 2011, sebelum panggilan telepon di malam hari dari Arsene Wenger yang meyakinkan dia untuk bergabung dengan Arsenal. Ia dibeli dengan harga 5 juta Euro.

Pemain Korea Selatan itu memang mencetak 12 gol di musim terakhirnya bersama Monaco, tapi hanya bermain selama tujuh menit di Premier League, saat melawan Manchester United, di musim pertamanya di Emirates. Dia kemudian menghabiskan tiga tahun sebagai pemain pinjaman di Celta Vigo dan Watford.

Maicon ke Manchester City (2012)

maicon 145476383

Maicon sudah memasuki masa sulit ketika berlabuh di Etihad, apalagi setelah ia kerap kalah duel dengan Gareth Bale dalam dua pertemuan di Liga Champions yang mengesankan antara Tottenham dan Inter Milan. Direkrut seharga 3 juta Poundsterling untuk menjadi pelapis Pablo Zabaleta, Maicon membuat hanya 13 penampilan yang tidak populer untuk City musim itu sebelum kembali ke Italia bersama Roma.

Paul Konchesky ke Liverpool (2010)

konchesky liverpool 034t53g

Roy Hodgson seperti mendapat bisikan setan saat menjadi manajer Liverpool. Ia memulai awal yang buruk dari yang terburuk dengan mengakuisisi Konchesky yang berusia 29 tahun dengan nilai 5 juta Poundsterling dari klub sebelumnya, Fulham.

Bek kiri itu hanya tampil 18 kali sebelum bergabung dengan Nottingham Forest dengan status pinjaman. Apa momen yang paling diingat dari transfer ini? Tentu saja, sebuah insiden di mana ibunya melabeli penggemar The Reds dengan "scouse scum" di media sosial.

Marouane Fellaini ke Manchester United (2013)

marouane fellaini wfw31040181400

Dengan waktu di bursa transfer yang hampir habis bagi David Moyes untuk menandai musim panas pertamanya sebagai manajer Manchester United, Moyes akhirnya mendatangkan Fellaini dari Everton (setelah gagal mendaratkan Leighton Baines).

Setelah berbulan-bulan terlibat dalam spekulasi tentang langkah potensial untuk merekrut Toni Kroos dan Gareth Bale, United akhirnya menghabiskan 27,5 juta Poundsterlung untuk pemain Timnas Belgia itu, yang harganya sudah lebih mahal dari klausul pembelian seminggu sebelumnya, 23 juta Poundsterling.

photo via fourfourtwo

Komentar