thumb morgensoll 2019

Lagu yang melibatkan Edo Dias dari God Plant dan Kezia Alaia penulis buku "Bicara Besar".

Kenalin nih salah satu proyek musik Haecal Aliba Benarivo (Rivo) yang mengusung musik post rock bernama Morgensoll. Seperti kebanyakan band-band post rock lainnya, proyek musik solo ini lebih menonjolkan musik instrumental yang didominasi oleh distorsi gitar.

Melalui Morgensoll, Rivo juga telah melepas dua single berjudul “Introvert” dan “Ngengat”, serta 1 (satu) EP live bertajuk ‘Prologue’.

Mengenai single “Ngengat”, Morgensoll mengajak kerjasama Edo Dias dari God Plant serta Kezia Alaia penulis buku “Bicara Besar”. Sedangkan untuk EP live ‘Prologue’ menyuguhkan kurang lebih 3 trek berjudul “Obsessive Compulsive Disorder”, “Pelican”, dan “Sense of Belonging” yang dirilis oleh label rekaman dari Jakarta, Gabe Gabe Tapes.

Satu tahun setelah perilisan single “Ngengat”, Morgensoll akan merilis ulang nih single keduanya tersebut dalam format kaset dengan jumlah terbatas yakni 40 pcs. Mengenai single “Ngengat” sendiri memiliki cerita yang menggambarkan suasana perih, sedih, resah, pasrah dan mencekam.

Ditambah lagi, Morgensoll di lagu ini menyertakan vokal serta puisi gelap yang membahas tentang ulah para teroris yang melakukan aksi bom yang terjadi di Surabaya beberapa waktu lalu.

Puisi yang dilantunkan oleh Kezia Alaia tersebut merupakan ungkapan geram terhadap teror bom yang terjadi di Surabaya tepatnya tahun lalu. Dalam puisi ini, Kezia menekankan bagaimana manusia tanpa daya pikir kritis telah membiarkan dirinya menjadi “ngengat” yang percaya bahwa kebahagiaan sejati dapat ditemukan di dalam “api”.

Kiasan untuk menggambarkan berbagai pemikiran, tindakan dan peristiwa yang melanggengkan dan melancarkan terror, seperti halnya serangga ngengat yang terpikat pada cahaya, padahal sering kali cahaya tersebut adalah api yang dapat membakar habis diri sang ngengat dan mematikannya secara literal maupun figuratif. Dengan pendekatan sureal, puisi ini membayangkan keyakinan-keyakinan palsu yang tertanam di dalam diri pelaku teror dan menyangkalnya habis melalui serangkaian pernyataan retoris.13-menit yang cukup “terombang-ambing”, mood yang berubah-ubah seperti memberikan pesan yang dalam untuk duka yang terdalam.

Kaset “Ngengat” sendiri kini sudah bisa dipesan melalui akun Instagram (@morgensolljkt), (@kamarbising_) dan (@99tapes).

cover morgensoll ngengat 2019

(artwork: Almer Rashad)

Komentar