fleur photo profile by yogi kusuma

Diajak dansa lewat musik rock n roll klasik.

Di Indonesia, kebanyakan format trio didominasi oleh band-band dengan genre punk, alternatif hingga rock, dan itu pun banyak didominasi oleh personil pria. Tapi gimana jika sebuah band berformat trio yang diisi oleh wanita dengan membawakan musik bernuansa rock n roll?

Pastinya bakal menjadi sesuatu yang luar biasa. Nah, kali ini P! bakal kenalin trio wanita yang tergabung dalam grup FLEUR! yang baru aja nih merilis single perdana berjudul “Muka Dua”. Beranggotakan Tanya Ditaputri (gitar, vokal), Yuyi Trirachma (bass, vokal), dan Tika Pramesti (drum, vokal), FLEUR! sebenarnya telah dikenal dengan nama panggung Flower Girls, sebuah band tribute untuk Dara Puspita.

Kurang lebih dua tahun berjalan sebagai band tribute, akhirnya Flower Girls sendiri merubah identitas baru dengan nama FLEUR! pada awal Maret 2020. Melalui single perdana berjudul “Muka Dua” ini, FLEUR! mencoba merespon kehidupan orang-orang yang sering ditemukan disekitar kita sehari-hari.

“Seperti judulnya, ini mengisahkan tentang orang-orang yang tak konsisten terhadap omongannya untuk diakui keberadaannya di masyarakat. Perpaduan kontras antara kandungan lirik dan lagu yang danceable,” jelas Tika mengenai single perdana FLEUR!.

Jika didengar nih, musik yang ditawarkan oleh FLEUR! sendiri lebih menawarkan nuansa rock n roll klasik yang dibalut dengan referensi musik moderen. Meski hanya bertiga, FLEUR! sendiri bisa membuat penikmat musik merasakan harmonisasi vokal dari ketiga personilnya.

Apalagi nih dari segi penulisan lirik, Tika, Tanya dan Yuyi seakan menghidupkan kembali gaya penulisan band-band lawas Indonesia ke masa sekarang. Hal ini tak lepas dari inspirasi FLEUR! terhadap Dara Puspita.

Dalam penggarapannya sendiri, single “Muka Dua” dikerjakan di studio Velvet, Pejaten pada pertengahan 2019. Nggak sampai disitu aja, lagu ini melibatkan Viki Vikranta dari Kelompok Penerbang Roket yang dipercaya untuk mengerjakan mixing dan mastering single tersebut.

Bisa dibilang juga nih, lagu “Muka Dua” adalah jembatan FLEUR! untuk memperkenalkan album perdana yang akan dirilis pada tahun 2020.

“Lagu Muka Dua merupakan jembatan antara Flower Girls dan Fleur!. Masih ada referensi lama, kita tapi tetep jadi diri sendiri. Lagu 'Muka Dua' kita pilih karena liriknya paling dekat dengan realita dan beat-nya mudah untuk membuat kita bergoyang-goyang tipis (atau banyak),” tambah Yuyi pemain bass FLEUR!

Penasaran kayak gimana lagunya? Langsung aja dengerin di berbagai layanan musik digital favorit kalian, mulai dari Spotify, JOOX, Deezer, Resso, Apple Music, dan sejenisnya.

(Foto: Yogi Kusuma)

Komentar