cover single

Lagu lama rasa baru. Ini single pertama dari Chitarra.

Perkenalkan, Amanda Chitarra. Kalo sebelumnya kita mengenalnya lewat grup duo elektronik asal Jakarta bernama Parisude, kali ini dia maju sendirian dengan merilis single pertamanya berjudul Rules of the Jungle. Ini akan menjadi bagian dari debut EP yang akan dirilis sebelum pertengahan 2020 ini.

Single ini dirasa pas dengan kondisi saat ini, ketika dampak Covid-19 membuat situasi berubah secara drastis dan kebingungan mendominasi pikiran. Penggalan lirik “face the fight that you believe“ dalam lagu ini seakan jadi mantra yang menguatkan bagi kita yang mendengarkan. 

chitarra profile 1

Sebenernya, Chitarra bukan secara impulsif melahirkan karya ini hanya untuk merespon keadaan saat ini. Tapi sudah setahun yang lalu lagu ini dikerjakan sebelum akhirnya resmi dirilis pada hari Jumat, 3 April 2020 di platform musik digital seperti Spotify, Apple Music, GooglePlay/Youtube, JOOX, dan Deezer. 

“Lagu ini sebetulnya adalah buah hasil tugas kelas songwriting waktu saya masih kuliah musik sekitar 4 tahun lalu. Saya dibantu teman asal Curacao, Karibia, bernama Shandrelica Casper, vocalist/percussionist, yang membuat beat-nya. Untuk liriknya, saya terinspirasi waktu liat trailer film The Jungle Book (live action) yang akan keluar di tahun itu (2016). Prosesnya memakan waktu sejak satu tahun yang lalu untuk mengaransemen seperti yang tercipta sekarang,” ungkap Chitarra.

Chitarra menggambarkan musiknya sebagai tradisional tapi tidak konvensional; menantang musik modern dengan perpaduan unik antara karakter vokal yang mainstream dengan unsur-unsur musik tradisional beserta pesan-pesan yang bisa kita cerna bersama.

chitarra profile 3

“EP ini akan mempresentasikan musik bernafas komposisi barat yang membawa rasa tradisional Indonesia. Tidak mudah membuatnya. Untungnya saya bekerja sama dengan produser Ammir Gita dan Yudhistira Mirza yang memang pintar berkomposisi,” lanjut Chitarra, yang mengaku banyak terinspirasi oleh Florence + the Machine, Kimbra, Aurora, Ellie Goulding dan Imogen Heap.

Penasaran sama lagunya? Chitarra akan membawakan Rules of The Jungle secara live pada 17 April 2020 di YouTube. Sementara untuk video liriknya akan tayang menyusul di bulan Mei.

Komentar