made mawut album kedua

Libatkan Dadang SH Pranoto, Endah n Resha,  Fendy Rizk, Truedy, Palel Atmoko, dan Eval Leftright.

Setelah melepas single "Sesat" format digital pada Senin (5/8), solois delta blues, Made Mawut akhirnya resmi nih melepas album penuh kedua mereka bertajuk ‘Merdeka 100 %'.

Meski dirilis berdekatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, di album ‘100 %’ Made Mawut justru tidak menceritakan perjuangan kemerdekaan Indonesia. Made Mawut mengungkapkan di album keduanya ini hanya sekedar memberikan parodi dari kata merdeka itu sendiri.

"Judul ‘Merdeka 100%’ diambil dari judul lagu yang ada di album. Sama sekali tidak ada kaitan dengan hari kemerdekaan. Saya jadikan judul album, tujuannya untuk memberi kesan parodi dari kata merdeka itu sendiri," jelas musisi sekaligus juru masak di Nasi Bubuh 73 ini.

Untuk musiknya sendiri, Made Mawut masih menawarkan nuansa delta blues yang cukup kental dengan menceritakan kegelisahan yang ia rasakan dalam kehidupan sehari-hari. Permainan slide gitar dobro mendominasi di setiap lagu di album ‘Merdeka 100 %’.

Mengenai nama album ‘Merdeka 100%’ sendiri memiliki makna tersendiri bagi Made Mawut, ada hal yang ingin disampaikannya, yaitu di kehidupan nyata merdeka belum tentu 100 persen, apalagi ketika sudah berumah tangga.

“Judul album tidak secara langsung mewakili tema semua lagu. Tapi spiritnya mewakili. Sebenarnya merdeka cuma 99 persen, sedangkan 1 persennya dibelengu Istri," jelas Made Mawut sambil bercanda.

“Seseorang dihitung bukan dari tempat di mana ia berdiri, tetapi bagaimana menjalankannya. Jalan di sini yaitu jalan merdeka 100 persen. Eh 99 persen," tambahnya.

Di album ‘Merdeka 100 %’ ini Made Mawut melibatkan personil Navicula dan Dialog Dini Hari, Dadang SH Pranoto yang dipercaya sebagai produser. Selain itu, nama-nama seperti Endah n Rhesa, Fendy Rizk, Truedy, Palel Atmoko, dan Eval Leftright dipilih sebagai kolaborator.

"Alasan mengajak musisi-musisi tersebut, itu saran dari pak produser (Dadang SH a.k.a Pohon Tua) dan saya setuju. Lagu-lagu yang ada di album kedua ini memang butuh sentuhan khusus agar makin dekat dengan pesannya," tutup Made Mawut.

Sebagai pengenal, Made Mawut memilih lagu "Sesat" sebagai lagu ‘jagoan’ di album ini dan terdapat kurang lebih 10 trek dengan beberapa lagu cover. Nah, bagi yang penasaran dengan album 'Merdeka 100 %' dari Made Mawut, langsung aja deh pesan melalui demajors Independent Music Indonesia dan Instagram @mademawut.

Jika ingin mendengarkan salah satu single jagoan Made Mawut, langsung aja dengarkan melalui layanan musik streaming favorit kalian.

 

Komentar