tashoora sintas official profile photo

Bekerjasama dengan Narasi dukung serial "The Invisible Heroes".

Ketika kita membicarakan tentang konflik, apapun bentuknya pasti akan meninggalkan luka. Dari peristiwa tersebut ada yang “tenggelam dalam gelap” dan ada yang “menuju cahaya menjadi sinar untuk sekitarnya.”

Melihat beberapa peristiwa konflik yang terjadi di sekitar, Tashoora yang beranggotakan Danang Joedodarmo, Dita Permatas, Gusti Arirang, dan Ikhwan Hastanto baru-baru ini (13/3)  memperkenalkan single teranyar mereka berjudul “Sintas”.

Lagu ini merupakan sebuah kisah bangkitnya para penyintas konflik yang juga berkontribusi langsung pada kemanusiaan di sekitarnya. Lagu pertama Tashoora yang dirilis di tahun 2020 ini sekaligus menjadi penanda atas bergabungnya personil baru mereka Ikhwan Hastanto alias Awan.

Tashoora juga mengungkapkan jika secara harafiah “Sintas” berarti bisa dan terus bertahan. Kata ini selain memang didapuk sebagai judul untuk menjelaskan peristiwa yang dialami penyintas konflik, juga bisa dibilang menjelaskan perjalanan Tashoora dalam empat tahun terakhir.

Nggak sampai di situ aja nih, melalui lagu “Sintas” Tashoora bekerjasama dengan Narasi mendukung sebuah serial dokumenter yang dibuat oleh Narasi dan Pusat Studi Agama dan Demokrasi (PUSAD) untuk dipergunakan sebagai soundtrack resmi ‘The Invisible Heroes’. Serial ini sudah bisa ditonton secara daring sejak 11 Maret 2020.

Serial The Invisible Heroes sendiri merupakan rekam jejak perjuangan para penyintas konflik dalam menjalani hidup sehari-hari sembari berusaha melupakan bayangan kepahitan masa lalu. Penyintas yang diangkat serial ini tidak terbatas hanya pada konflik perang saja, namun juga diskriminasi rasial, konflik berbasis gender dan kelas, bencana alam, body-shaming, hingga perundungan.

“This is the perfect song for the movie. Mudah-mudahan bisa membantu kita, siapapun yang punya luka, mendengarkan lagu ini bisa jadi mantra kita saling menguatkan,” ungkap Najwa Shihab.

Selain Narasi dan PUSAD, Tashoora juga mengajak kerjasama Antonius Dian yang dipercaya kembali untuk mengerjakan artwork single “Sintas”. Sebelumnya Antonius Dian telah membuat artwork di dua rilisan Tahoora sebelumnya.

Lagu yang dirilis oleh label rekaman Juni Records ini sudah bisa dinikmati di berbagai digital streaming platforms seperti Spotify, iTunes, JOOX, Deezer, dan lain-lain.

(Foto: dok. Tashoora)

Komentar