Nama festival musik kayak Glastonbury pastinya udah gak usah diragukan lagi kemegahan. Tapi kalau denger Glastonbudget apa yang ada di benak lo? Denger namanya pasti lo langsung buru-buru berfikir hey ini acara niru-niru Glastonbury Festival? Yah gak salah juga sih kalau lo mikir demikian karena toh namanya emang mirip tapi jangan salah sangka, Glastonbudget Festival juga termasuk salah satu keriaan musik besar di United Kingdom sana. Dihelatkan selama 3 hari dan nampilin sekitar 130an tribute band terbaik dari seluruh Eropa. Eh tunggu, ini festival band tribute kah? Yeap bener banget, sejak dimulai tahun 2005 lalu Glastonbudget emang dibikin buat band-band tribute di Inggris.

Adalah Chriss Dunn dan Nick Tunner yang dengan briliantnya mengonsepin festival ini, saat itu mereka ngumpulin 18 tribute band di seluruh Eropa buat ngeramein acara yang dibikin di Turnpost Farm di Wymeswold, Leicestershire ini. Salah satunya adalah Coolplay (Coldplay Cover), Stereotonics (Stereophonics Cover), AC/DO (AC/DC Cover), The Jamm (The Jam Cover), T Rextasy (T Rex Cover) dan US4 (U2 Cover). Kemunculan pertama Glastonbudget ini sempet dianggap BBC sebagai pernyaing Glastonbury Festival. Perbandingannya waktu itu adalah harga tiket Glastonbury yang kelewat mahal 125 Pondsterling, sedangkan Glasntonbudget cuma 27,5 Pondsterling udah bisa nikmatin band-band keren walaupun cover band dan beramal, yes sebagian hasil penjualan tiket dari Glastonbudget juga disisihkan buat charity kawan-kawan. Menurut Chriss dan Nick waktu ditanya BBC, alesan mereka bikin Glastonbudget sekedar buat senang-senang bareng band berkualitas dan tentunya dengan harga tiket yang jauh lebih menyenangkan. Dan mereka juga nambahin kadang buat nonton band kesukaan yang asli itu kadang terlalu mahal atau mereka udah bubar. Poin yang bagus, kapan lagi kita bisa liat aksi Queen, Guns N’ Roses bahkan Nirvana dengan formasi lengkap, jawabannya cuma Glastonbudget.

Lebih mirip dari yang dimiripin

It’s look a like Oasis, It’s Sounds like Oasis, but it’s not Oasis…. mereka adalah Oasish salah satu tribute band Oasis yang ngeramein Glastonbudget tahun 2007. Yang perlu digaris bawahin disini tribute band yang tampil bukan sekedar bawain lagu dari band yang merkea cover, tapi mereka betul-betul menjiwai setiap karakternya. Misalnya Oasish dengan vokalis yang style nyanyi dan tampilannya bener-bener mirip banget atau Teen Spirit yang ngecover Nirvana dengan vokalis bernama Burt Cocaine selalu tampil berantakan, lesu dan liar di atas panggung bahkan saat di interview. Urusan set panggung juga gak ketinggalan, contohnya aja The Fillers (The Killers Cover) mereka bikin backdrop panggung mereka dengan tulisan The Fillers dari lampu neon, percis kayak set panggung The Killers deh pokoknya. Oh tentunya para pemain dari band cover ini juga ngedapetin treatment yang sama dari para fans layaknya artis yang asli, mereka juga dikejar-kejar sampe backstage sekedar buat foto bareng atau minta tanda tangan. Mau liat gimana kegilaannya, lo bisa langsung tonton di Youtube, dan biarkan diri lo ternganga lewat aksi dari band-band cover ini.

Di tahun 2013 ini Glastonbudget akan berlangsung pada bulan Mei, dengan line-up The Joliet Blues Band, One Step Behind, The Darkside of Pink Floyd, Guns 2 Roses, Korn Again, Kins of Leon, This Is Nirvana, Green Date, Antartic Monkeys, Knop Slip, Four Figther, The Hot Red Chili Peppers, The Fillers, Oasish, The Sex Pistols Experience, dan masih banyak lagi. Tertarik buat nonton? weekend tiketnya dibandrol 72 pound, itu udah termasuk kemping dan parkiran mobil. Kalo lo masih dikisaran umur 16 dan 17 harga tiketnya cuma 60 pound. Umur 6 sampe 15 tahun beda lagi harga tiketnya, bro, cuma 37 pound. Lebih lengkapnya bisa tengok www.glastonbudget.org

photo from www.glastonbudget.org

Komentar