dav 1142 108

Ada kejutan di tiap babak

 

Rabu (4/12), Studio Palem, Kemang Utara. Antrean ratusan orang mengular sejak jam 5 sore. Mereka bersama-sama merayakan Perayaan Bayangan di Mpresent yang merupakan showcase perdana dari Hindia, proyek solo dari Baskara Putra.

Musik nggak jadi satu-satunya sajian Hinda. Ia turut menyajikan narasi yang dibagi menjadi empat babak. Setelah Aldrian Risjad membuka pertunjukan, suara seorang perempuan pun terdengar. Ia menuturkan cerita hidupnya yang dirundung depresi, menandai dimulainya babak pertama yang berjudul "Mati Sendiri-Sendiri."

"Evakuasi" dan "Leaving The Dark" menjadi gemuruh di awal penampilan Hindia. Dalam balutan tirai putih, Hindia tampil dengan iringan Lomba Sihir; yang diperkuat oleh Natasha Udu, Enrico Octaviano, Rayhan Noor, Petra Sihombing, Tristan Juliano, Wisnu Ikhsantama W. dan Kusuma Widhiana. Teriak penonton kian semarak ketika tirai dibuka, hingga babak pertama ditutup dengan "Untuk Apa Pt. II" dan "Secukupnya."

Di narasi keduanya yang berjudul "Bertahan Hidup," Hindia mengundang Matter Mos ke atas panggung untuk menampilkan "Jam Makan Siang." Lagu “Besok Mungkin Kita Sampai” menjadi lagu kedua di babak ini, dilanjut dengan lagu milik Petra Sihombing “berjudul Cerita Kita Milik Semua”. Babak "Bertahan Hidup" pun ditutup dengan lagu "Dehidrasi."

Narasi tentang refleksi diri dan kebangkitan mulai diusung di babak ketiga yang berjudul "Jangkar." Penampilan akustik Nadin Amizah menjadi pembuka babak ini lewat lagu "Teralih" dan "Sorai" bersama Ibnu Dian. Set akustik ini pun usai dengan lagu "Membasuh."

Hindia menyiapkan kejutan. Setelah menyanyikan "Untuk Apa Pt. I," ia melibatkan Saleh Husein dari The Adams untuk membawakan lagu "Hanya kau." Bersama, mereka pun menutup babah ketiga lewat lagu " Rumah ke Rumah."

Deretan kolaborator mengisi set babak keempat "Kelahiran Kedua." Dimulai dari lagu "Peace of Mind" milik Mantra Vutura yang ditampilkan oleh Tristan Juliano bersama Agatha Pricilla serta "Kultusan dan "Belum Tidur" oleh Sal Priadi. Jerit penonton kian terdengar ketika Kunto Aji tiba-tiba hadir dan membawakan "Mengunci Ingatan" bersama Iga Massardi. Kunto Aji juga membawakan lagu "Rehat" sebelum Hindia membawakan “Tidak Ada Salju di Sini, Pt. 1” bersama penyanyi Rubina.

Babak keempat pun dilanjutkan dengan “Tidak Ada Salju di Sini, Pt. IV” yang semakin kaya dengan kemunculan Agatha Pricilla. Interlude yang diisi vokal Kamga mengantar penonton masuk ke lagu “Mata Air.” Lagu "Evaluasi" menjadi lagu penutup babak “Kelahiran Kedua” sekaligus menutup konser Perayaan Bayangan di Mpresent.

Total 25 lagu dibawakan oleh Hindia dan Lomba Sihir. Hindia sukses meriuhkan Studio Palem. Perkara luka, kecemasan, perjuangan sehari-hari hingga campur aduk emosi yang membayangi kita semua berhasil Hindia angkat ke permukaan, sembari merangkul penonton untuk merayakannya bersama.

Panggung Perayaan Bayangan pun menjadi buktinya ketika Hindia menari bersama dengan deretan kolaboratornya di akhir acara.

 

Komentar