(sungguh.. ini adalah pertanyaan yang sangat sulit..)

"Berpacaran" adalah bentuk baku dari kata "pacaran". "pacaran" adalah kata yang lebih trendi dan lebih mudah diucapkan, dibandingkan dengan kata "berpacaran". Namun, jika diteliti lebih dalam, kedua kata tersebut memiliki arti yang berbeda; walau keduanya menggunakan kata dasar yang sama, yaitu: pacar. Keduanya juga mampu berdiri sendiri sebagai sebuah kata. "pacaran" berarti adalah kata "pacar" yang mendapat akhiran "an". Akhiran "-an" yang dimaksud di sini adalah akhiran untuk menyatakan suatu perbuatan/kegiatan/aktivitas, sehingga "pacaran" berarti melakukan kegiatan dengan benda bernama pacar. Jika demikian, kata "berpacaran" (merupakan kata "pacaran" yang mendapat awalan "ber") akan menjadi hancur berantakan: sebab, ketika kita "melakukan aktivitas dengan pacar" dan kemudian ditambahkan lagi dengan awalan "ber", maka, kegiatan tersebut menjadi terjadi lagi (karena awalan "ber" di sini memiliki makna melakukan atau mengerjakan sesuatu) sehingga, perbuatan tersebut menjadi berulang-ulang. walaupun enak, namun menjadi mubazir.


Kasus berbeda terjadi jika kata "berpacaran" adalah merupakan satu kesatuan kata yang berdiri sendiri: kata "pacar" yang mendapat awalan "ber" dan akhiran "an" (imbuhan gabung). Jika merujuk kepada makna "saling", kata tersebut tidak bisa digunakan, karena jenis "imbuhan gabung" hanya bisa diterapkan pada kata kerja (dan bukan pada kata benda) contoh: ber-mesra-an (saling mesra), ber-lari-an (saling lari), ber-sebelah-an (saling sebelah.. hah? cuma sebelah? ..nggak utuh?), ..dan lain sebagainya. Sementara untuk kata benda? ("pacar" adalah jenis kata benda) ..tidak mungkin, dan jarang sekali.. apalagi untuk kata ganti panggilan / manusia (contoh: berayahan, beribuan, beristrian, bersahabatan, dan lain-lain..)

..oleh sebab itu, "pacaran" terasa lebih lazim digunakan. sedangkan "berpacaran", berarti melakukan sekali lagi aktivitas "pacaran".

Komentar