Berdusta (atau berbohong) adalah hal yang lazim terjadi saat menjalin hubungan asmara. Bumbu yang biasa menghiasi jalinan kisah-kasih ini, terkadang memang diperlukan untuk menjaga dinamika serta variasi dalam berpacaran.

Terdapat 3 jenis kebohongan yang biasa terjadi saat berpacaran:


1. Kebohongan yang terlihat

Adalah jenis kebohongan yang nyata dan terlihat jelas. Kebohongan jenis ini terjadi saat seseorang berbohong, dan kebohongan tersebut diketahui oleh pasangannya. Dusta jenis ini bisa berbentuk apa saja: selingkuh, uang, janji palsu, dan sebagainya. Dampaknya adalah: terjadi pertengkaran, perpisahan, kesedihan yang mendalam, ..bahkan bisa pula muncul kesabaran/pemakluman, serta lain sebagainya. Jika tidak ditanggulangi dengan permohonan maaf yang sebesar-besarnya, serta perjanjian untuk tidak mengulangi kebohongan jenis ini, maka hubungan cinta-kasih tersebut akan berubah menjadi hubungan yang dingin dan penuh bencana.

2. Kebohongan yang tidak terlihat

Adalah jenis kebohongan yang tidak diketahui oleh pasangannya. Dusta jenis ini tidak akan berdampak apa-apa; ..karena memang tidak ada yang mengetahui kebohongan tersebut selain dirinya sendiri. Selama tidak ketahuan dan tidak ada yang tahu, ..yah, aman-aman sajalah.

3. Kebohongan yang terlihat namun tidak terlihat..

..nah! Inilah jenis kebohongan yang akan kita bahas dengan seksama dan mendalam..

Dusta jenis ini adalah merupakan bentuk kebohongan aneh dan tidak masuk akal. Dampaknya-pun tidak diketahui secara pasti. Inilah jenis kebohongan yang sukar diungkapkan dengan kata-kata. Jikalaupun terjadi, maka dapat dimungkinkan kedua belah pihak akan menjadi bingung dengan kejadian tersebut.

Berikut ini adalah beberapa contoh jenis "kebohongan yang terlihat namun tidak terlihat":

- Siska jatuh hati kepada seorang pria; padahal, Siska sudah punya pacar. Suatu ketika, Siska salah mengirimkan SMS yang berisi ungkapan perasaan cinta Siska terhadap pria tersebut, namun, SMS tersebut malah terkirim ke telepon selular milik Siska sendiri (mengirim ke nomer sendiri). Siska menjadi kaget dan bingung, lantas, SIska melapor ke pacarnya: "Sayangku.. lihat, deh.. ini ada SMS yang masuk ke henpon aku.. isinya begini: 'MAS BROTO, KAMU TAMPAN SEKALI.. AKU JATUH CINTA KEPADAMU..' ..aneh sekali, yah?".

- Ridwan malas menjemput pacarnya sedang kursus bahasa asing. Padahal, sebelumnya ia sudah berjanji untuk menjemput sang pacar saat nanti pulang dari tempat kursus. Ridwan terpaksa berbohong kepada sang pacar; ..ia lalu mengirimkan pesan SMS kepada pacarnya tersebut: "Sayangku.. maafkan. Saat ini aku sedang tidak enak badan.. Nanti sore, kamu pulang sendiri saja, yah? Aku sepertinya tidak bisa menjemput kamu..". Sang pacar kemudian menjawab pesan SMS tersebut: "Nggak apapa-apa, sayang.. Kamu istirahat aja. Nanti aku bisa pulang sendiri, kok..". Ridwan kemudian membalas: "Thanks, sayangku. Ya sudah, kalau begitu.. Kamu hati-hati, yah? Nanti sore, aku jemput kamu di tempat kursus..". Sang pacar membalas SMS tersebut: "Cepat sembuh, sayang.. Jangan lupa jemput aku nanti sore, yah?! ..hugs & kisses, i love you!". Ridwan membalas: "I love you, too!".

- Irma ingin pergi ke mal bersama teman-teman sekelasnya. Namun, ia tidak ingin pacarnya mengetahui hal tersebut. Sang pacar adalah tipe cowok posesif; mudah cemburu jika Irma pergi tanpa didampingi olehnya. Merasa tidak mungkin mendapat ijin dari sang pacar, Irma nekat pergi bersama teman-temannya ke mal tanpa melapor terlebih dahulu kepada sang pacar. Sesampainya di mal, telepon genggam Irma berdering. Nomer telepon sang pacar muncul di layar. Dalam keadaan bingung dan panik, Irma kemudian mengangkat telepon dan berbicara kepada sang pacar: "Sayangku.. ngg.. kenapa?". Sang pacar bertanya kepada Irma: "Kamu di mana?". Penuh rasa takut, Irma terpaksa berbohong kepada sang pacar: "..ngg.. Aku lagi sama kamu.. di rumah kamu..". Sang pacar menjawab: "..ooh, pantesan aku telpon ke rumah kamu, tapi kamunya nggak ada.. Oke, deh.. ..eh! Kamu udah makan, apa belum!? ..awas! Jangan sampai telat makan.. Jaga kesehatan!". Irma menjawab: "Iya, sayangku.. ini aku baru mau makan, kok.. ya sudah, deh.. sampai nanti yah, sayaang.. Cup! Cup!".

- Amir membeli sebuah tas mahal; sebagai hadiah ulang tahun untuk pacar tercinta. Sang pacar sangat gembira, namun tidak mengetahui berapa harga tas yang dibelikan oleh Amir tersebut. Sang pacar kemudian bertanya kepada Amir: "..sayangku.. tas ini bagus sekali..! Berapakah harganya?". Amir menjawab: "..ngg.. harganya sangat mahal, sayangku..". Sang pacar tetap penasaran dengan harga tas tersebut: "..iya.. aku tahu kalau tas ini sangat mahal.. tapi, bolehkah aku tahu berapa harganya??". Amir kemudian terpaksa berbohong, menyebutkan harga yang berbeda dari harga yang sebenarnya: "..ngg.. harga tas tersebut.. ngg.. 17 Agustus, tahun '45..". Sang pacar kaget bukan kepalang: "OOHH!! SAYANGKUU.. terimakasih, yaah!". Amir menjawab: "Aku selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk kamu..".

Komentar