toxic 01

Jangan, jangan selama ini lo toxic?

Belakangan ini orang toxic lagi banyak diperbincangkan. Lo sendiri mungkin juga udah sering baca atau ngobrol soal toxic people. Orangnya bisa jadi teman lo, rekan kerja, atau bahkan pasangan lo sendiri. Nah, tiap ngomongin soal orang yang toxic lo pernah bertanya-tanya nggak. Selama ini lo termasuk orang yang toxic atau enggak yah? Jangan-jangan iya tapi lo nggak nyadar soalnya sebagian besar orang yang toxic tuh nggak nyadar bahwa dia toxic buat orang lain.

Biar makin jelas, nih P! kasih beberapa ciri utama orang yang toxic tapi nggak sadar diri.

1. Playing victim

Via Giphy

Ciri paling pertama dan utama adalah dia sering playing victim. Gimana nih maksudnya? Dia bakal selalu bersikap seolah-olah dia adalah korban. Orang lain yang salah dan dia yang dipojokkan. Dia menanipulasi pandangan orang demi dapetin perhatian dan tetep dibela orang lain.

2. Nggak mau ngalah

Via Gfycat

Prinsip yang selalu dia pegang tiap kali ngobrol atau diskusi adalah "pokoknya gw yang paling bagus, bener, dan lo semua harus ngalah". Dia pokoknya mau diutamakan banget. Dia nggak kenal kata kalah apalagi mengalah dalam hidupnya.

3. Nggak pernah ngerasa bersalah

Via Gfycat

Orang yang toxic sering bikin orang lain kesel, sedih, atau ngerasa tersakiti. Akan tetapi si toxic ini nggak akan ngerasa bersalah. Dia akan tetap balik pada pendiriannya bahwa dia benar. Dia akan selalu punya alasan buat membenarkan tindakannya sehingga dia juga nggak kenal rasa bersalah. Baginya semua yang dia lakukan selalu yang terbaik buat semua orang.

4. Bossy abiiis

Via Giphy

Kita semua tahulah ya apa bedanya boss dan leader. Nah, si toxic ini biasanya masuk ke tim bos. Tindakannya suka semena-mena sama orang lain. Hobinya nyuruh ini itu. Kalo ada yang salah dikit langsung ngomel. Kadang dia nggak solutif. Yang dia bisa cuma nekan orang lain muluuuu.

Itu baru sebagian kecil dari ciri orang toxic. Semoga lo nggak kayak gitu yah. Biar lo lebih bisa memastikan diri lo toxic atau enggak, coba tanya ke orang-orang terdekat lo.

Komentar