header cara memaafkan diri sendiri

Tulisan klise tapi penting buat lo baca dan inget terus

 

Di muka bumi ini, nggak ada manusia yang nggak punya kesalahan. Besar-kecil, sengaja-nggak sengaja, kita semua pernah berbuat salah. Entah itu bersalah ke orang lain maupun ke diri sendiri.

Bikin kesalahan itu wajar, tapi kadang yang susah adalah mengakui kesalahan itu. Ngaku salah ke orang lain aja suka susah, apalagi ke diri sendiri. Tapi jangan tuman! Jangan dibiasain. Kita kudu mengakui kesalahan dan juga minta maaf atas kesalahan yang kita buat.

Kalo ngaku salah dan minta maaf ke orang lain aja gengsi, jangan gitu ah ke diri sendiri. Soalnya kan (kalo kata orang-orang bijak), kita cuma punya diri kita sendiri. Kalo kita aja nggak mengakui kesalahan apalagi minta maaf, gimana kita bisa 'akur' sama diri sendiri?

Nah lewat tulisan ini, P! mau ngajak lo belajar untuk memaafkan diri sendiri. Beginilah caranya:

#1 Mengakui kesalahan

via GIPHY

Yas yang pertama adalah ngaku ke diri sendiri kalo salah. Jangan gengsi meski kesalahan yang lo lakukan tuh bodoh banget menurut lo. Dalam proses mengakui kesalahan ini, lo diperbolehkan untuk nangis atau marah. Tapi inget yaa, secukupnya. Jangan berlebihan dan kelamaan.

#2 Evaluasi

Nah setelah mengakui, tahap berikutnya adalah dengan mengevaluasi. Lo jabarin deh tuh kenapa lo bisa melakukan kesalahan tersebut. Lo jabarin juga akibat dari kesalahan yang udah dibuat. Dalam proses ini, lakukan se-objektif mungkin. Lo kudu berjarak sama diri lo sendiri. Kudu pake kepala dingin. Kudu dengan hati lapang.

#3 Let it go

via GIPHY

Setelah evaluasi, sadar di mana letak kesalahan yang udah diperbuat, selanjutnya adalah dengan merelakan alias mengikhlaskan. Maksudnya kita kudu paham bahwa ada beberapa kejadian yang nggak bisa diulang. Yang ada cuma diperbaiki.

Jadi dalam tahap ini, kita sadar kalo kesalahan tersebut udah kejadian. Ada dampak yang akan kita terima dan perlu dipertanggungjawabkan. Nah selanjutnya move on.

Dalam tahap ini, kita kudu inget kalo kita manusia yang pasti bikin salah. Kita juga kudu inget kalo nggak semua hal bisa kita raih. Nggak semua hal bisa berjalan sesuai rencana.

#4 Komit nggak ngulangin lagi

Nah setelah, kita kudu berkomitmen untuk ngggak ngelakuin kesalahan yang sama. Belajar dari kesalahan. Dan kemudian lakukan sebaik mungkin.

Nah itu dia empat cara memaafkan diri sendiri. Okee mungkin ini adalah tulisan paling klise, tapi tapi tapi kita suka lupa. Yakan?

Biar nggak lupa ya P! ingetin lagi deh. Huehehehe.

Sebelum tulisan ini berakhir, P! mau kutip lagu Rehat-nya Kunto Aji yang bisa jadi pengingat lo.

"Tenangkan hati
Semua ini bukan salahmu
Jangan berhenti
Yang kau takutkan takkan terjadi"

Komentar