tips and trik food photography

Cara menggugah selera makan lewat visual

Para penikmat kuliner akan lebih tergugah kalau melihat foto makanan yang lebih artistik dan eye-catching. Kurang lebih sama seperti pepatah “dari mata turun ke hati” dalam hal ini adalah makanan, mungkin sperti ini jadinya “dari mata turun ke perut". Nah, inilah beberapa tahap yang bisa buat makanan akan terlihat lebih menggugah selera.

1. Tata Letak Makanan

foodlayoutthree075

Semakin sedikit porsi makanan yang dihidangkan dalam sebuah piring, maka hal tersebut semakin baik. Cara memfoto makanan dengan porsi yang sedikit akan membawa orang-orang lebih terfokus pada makanan milikmu. Makanan dengan porsi yang sedikit ini sangat bagus untuk menciptakan hasil yang menarik.

2. Buatlah Konsep

think outside the box concept illustration vector

Kamu dapat menggunakan alat peraga yang ada di dapur rumahmu. Seperti, piring, sendok, garpu atau alat masak lainnya untuk mendukung konsep. Pilihlah alat peraga yang memiliki motif sederhana agar detil dari makanan kamu tetap menjadi fokus perhatian.

3. Atur Pencahayaan

dsc 6427

Cara foto makanan agar terlihat menarik selanjutnya yaitu, menggunakan cahaya tambahan atau reflector. Kegunaan cahaya tambahan ini untuk memberikan penerangan yang cukup agar dapat mempercantik foto makanan kamu serta juga dapat membuat foto makananmu akan terlihat lebih dramatis.

Jika tidak ada reflector, dan kamu sudah merencanakan waktu pemotretan dengan tepat, maka hasil yang diperoleh pun akan memuaskan. Pencahayaan yang baik untuk food photography bersumber dari cahaya alami. Seperti, cahaya di pagi hari atau sore hari yang melewati jendela rumahmu. Kamera smartphone akan jauh lebih baik apabila cahayanya sedikit gelap. Hindari penggunaan flash, sebab foto makanan yang dihasilkan akan terlalu terang atau keras dan sangat sulit untuk diedit.

4. Atur Posisi Obyek

pw 2

Apabila kamu bingung ingin mengambil gambar secara landscape atau portrait gambar secara dua mode ini. Explore-lah sampai menemukan angle yang tepat saat pengambilan foto.

Ada cara praktis yang bisa kamu lakukan yaitu, letakkanlah makanan utama di tengah-tengah frame, agar kamu cukup melakukan cropping. Saat kamu hendak memfoto makanan sebaiknya berikan space pada bagian atas, bawah, kanan ataupun kiri gambar. Tujuannya adalah supaya ruang kosong tersebut dapat dilengkapi dengan tulisan saat masuk proses editing. Seperti nama menu, quotes, resep dan lain-lain.

5. Perhatikan Angle

pw 4

Paling tepat memfoto makanan itu diambil dari atas. Seperti menu makanan, foto minuman, kue, sop, dan masih banyak lagi. Tetapi apabila objek makanan yang ingin kamu foto seperti, hamburger. Baiknya kamu mengambil dari samping agar terlihat sisi kelezatannya.

6. Gunakan Properti yang Senada

lamb curry

Agar foto makanan kamu lebih fantastis lagi, cobalah untuk menambahkan bahan dasar dari makanan tersebut. Misalkan, kamu sedang memfoto jenis minuman, teh Thailand (Thai Tea).

Tampilkan bahan-bahan dasarnya seperti, daun tehnya, bubuk teh, gula pasir dan alat untuk membuat teh tersebut.Perpaduan warna dari Thai Tea dan bahan dasarnya sangat menyenangkan untuk dilihat.

7. Eksplorasi Timing

how to take the perfect action shot in food photograpy 2

Cobalah untuk mengambil gambar saat ada aksi yang sedang dilakukan oleh penyaji makanan. Misalkan, makanan yang sedang kamu foto adalah kue coklat keju. Lakukan pengambilan foto saat penyaji sedang memarut keju di atas kue tersebut. Hal ini bisa menambah kesan yang luar biasa dan menarik perhatian dua kali lipat

Photo source: vanessalevis.com, vecteezy.com, clickitupanotch.com, bowenappetit.com, galleryphotography.net

Komentar